Minggu, 13 September 2009

Daughter of Evil Series - Vocaloid

Diposting oleh Eri Fin DinaShia di 14.15
Ada yang tau "Vocaloid"? Itu, lho, progam suara dari Yamaha. Kepanjangan dari "Vocal Android".

Nah, 2-3 hari ini, Eri dengerin lagu-lagu dari Vocaloid tersebut. Khususnya Kagamine Rin & Len. Dan Eri baru ngerti kalo lagu mereka yang "Daughter of Evil", "Servant of Evil", "Regret Message", dan "Re_Birthday" itu ternyata ada cerita yang saling berkesinambungan satu sama lain. Sebenarnya di wiki udah dijelasin cerita (Eri baru tau lewat versi Inggris, itu-pun cuma sekilas). Sekarang, mumpung nganggur dan lama nggak nge-post, Eri pengen cerita kisah lagu-lagu tersebut. Tapi, lewat sudut pandang dan pengertian Eri. Jadi, kalo ada yang salah, mohon dikomen, yah!

Di lagu pertama, Daughter of Evil, mengisahkan tentang seorang puteri di sebuah negeri. Puteri tersebut bernama Kagamine Rin. Dia seorang puteri muda yang baru berusia 14 tahun! Dan Dia termasuk dalam kategori pemimpin yang jahat. Banyak yang membencinya.

Di sampingnya, selalu ada sang pelayan yang sebenarnya merupakan saudara kembar sang Puteri, Kagamine Len.

Suatu hari, Rin bertemu dengan Pangeran dari negeri sebrang lautan bernama Kaito dan jatuh cinta padanya. Tapi sayang, Pangeran Kaito lebih mencintai Puteri dari negeri Hijau, Hatsune Miku. Rin yang cemburu, memerintahkan perdana menterinya untuk menghancurkan negeri Hijau.

Ironisnya, Len juga ikut dalam penghancuran itu dan Dia-lah yang membunuh Miku, puteri dari negeri Hijau. Padahal, sesungguhnya, Len adalah pemuda yang mencintai Miku, selain Kaito.

Akibat hal ini, terjadilah perang besar-besaran menyerang negeri yang dikuasai oleh Rin. Sang puteri ditangkap. Dan besoknya dia diesekusi di depan rakyatnya. Kepalanya dipenggal.

Yang menjadi pertanyaan, kemanakah Len yang merupakan servant milik Rin? Apa Dia kabur dan rela posisinya sebagai servant Rin tercoreng karena sang Puteri berhasil ditangkap dan dibunuh?

Nah, kisah ini dilanjutkan dalam lagu "Servant of Evil". Di sini sudah jelas-jelas dijelaskan bahwa Len sangat menyayangi Rin walaupun sang gadis telah menjadi puteri yang jahat. Dan Dia rela bertukar posisi dengan Rin ketika akan ditangkap!

Jadi...

Jadi...

JADI....

yang dipenggal saat itu bukanlah Rin melainkan LEN. Rin-nya sendiri sudah kabur, walau keesokan harinya Dia melihat dengan mata kepalanya sendiri bagaimana Len dibunuh.

Dirundung duka karena masalah tersebut, Rin akhirnya sadar apa yang dilakukan selama ini. Dia pergi menuju deramaga dan melakukan hal yang sama dengan yang dilakukan Len ketika pemuda itu masuk hidup. Dan ini menjadi tema lagu berikutnya, "Regret Message". Dia berharapan untuk bisa kembali seperti dulu lagi.

Harapan ini tidak hanya diucapkan oleh Rin saja. Len yang telah meninggal juga beraharap seperti itu. Dalam lagu "Re_Birthday", Len yang kini hanya memiliki jiwa saja, terperangkap dalam suatu ruangan dimana Dia tidak bisa melihat maupun mendengar apapun. Dia sempat mendengar suara Miku, namun dia berkata seakan-akan mengutuk.

"Etai no shirenu bukimi na koe. Omae wa kono saki eien ni. Kono heya kara wa derarenu."

Maknanya, sih, kira-kira, Len akan selama berada di ruangan itu karena telah membunuhnya.

Bahkan kondisi Len saat itu dirantai tangan dan kakinya.

Tapi, ada secercah harapan untuk Len agar bisa hidup lagi. Hal itu berasal dari regret message dari Rin.

Yah, kisah ini happy ending dengan kembalinya Kagamine bersaudara dan Miku yang hidup kembali dan saling berdampingan di masa depan. Bahkan Kaito dan Meiko (sang pemimpin pemberontakan) juga hidup bersama mereka.


Servant Daughter / Aku no Musume - Kagamine Rin




Servant of Evil / Aku no Meshitsukai - Kagamine Len




Regret Message - Kagamine Rin




Re_Birthday - Kagamine Len



___

Catatan:

- Ada beberapa video clip "Hetalia" yang lagunya menggunakan "Servant of Evil" sebagai inspirasinya. Seperti "Aku no Maple" dengan chara AS & Canada, "Aku no Otouto" dengan chara US & UK, dan ada juga yang menggunakan lagu dengan judul yang sama "Servant of Evil" dengan chara Italy Brother (bahkan ada juga video clip mereka dengan lagu "Regret Message" sebagai lanjutannya).

- Video clip Vocaloid, "Daughter of Evil series" ini sebenarnya ada bermacam-macam. Makanya, jangan heran bila cari di youtube, video clip 4 lagu tersebut tidak selalu sama seperti yang kali ini Eri posting di atas.

- Ada yang bilang, katanya kisah Daughter of Evil itu semuanya hanya ada di mimpi Len saja (versi android). Bisa diliat di video clip "Re_Birtday" yang Eri pasang di sini. Mungkin karena di video clip itu, 'kan ada adegan Len seperti baru bangun tidur 'kan? Naaaah, nampaknya, adegan itu diasumsikan Len tertidur dan bermimpi "Daughter of Evil" tersebut.

4 komentar on "Daughter of Evil Series - Vocaloid"

hyou on 13 September 2009 pukul 22.51 mengatakan...

ada juga lagu yg ceritanya bersambung ya, baru tau gw =))

Eri Fin DinaShia on 14 September 2009 pukul 05.50 mengatakan...

Aku juga baru tau, kok X3~~

Sensei dah nonton video clipnta? OwO

Anonim mengatakan...

hai eri. lam knal :D

eh
ada jg y lagu yg nyambung kek gtu
mgkn it lagu soundtrack fillm apa msalny?.

:))

Eri Fin DinaShia on 19 September 2009 pukul 12.56 mengatakan...

Iya, salam kenal juga! ^w^ Itu bkn sountrack, kok. Itu lagu dari progam Vocaloid. Dan lagu2 itu termasuk dlm album (Eri ndak tau dari perusahaan mana. Mungkin dari Yamaha juga)

Posting Komentar

 

Sweet Pea Copyright 2009 Sweet Cupcake Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez