Jumat, 07 Agustus 2009

Penghalang Menuntut Ilmu

Diposting oleh Eri Fin DinaShia di 14.59
Pada materi pertama untuk pertemuan di "Osier Ilmu" ini, Eri akan membahas tentang alasan halangan-halangan yang terjadi ketika menuntut Ilmu.

Bicara soal menuntut Ilmu, ada beberapa alasan mengapa kita diwajibkan melakukan hal tersebut. Dan secara ringkasnya, alasannya adalah:

1. Salah satu amal yang tidak akan pernah putus walau kita telah meninggal, alias pahala akan mengalir terus (terutama ilmu agama).

2. Dimudahkan perjalanan menuju Surga.

3. Malaikat dan seluruh makhluk di muka bumi ini akan mendo'akan dan mendukung kita.

4. Allah SWT akan meninggikan derajat orang-orang yang berilmu. >> Liat di surat Al-Mujadillah ayat 11.



Naaah, yang namanya perjalanan menuju hal yang lebih baik, pasti ada pernghalangnya. Dan sering sekali kita tidak menyadarinya. Di sini, Eri akan kasih tau penghalang-penghalangnya:

1. Niat tidak benar

Maksudnya, kita nyari Ilmu itu niatnya nggak tulus. Misalnya, niatnya cuma buat jadi terkenal-lah (ini mah riya'), atau malah untuk niat jahat. Kalo mau nyari Ilmu, niatnya harus tulus, ya bwt masa depan. Atau lebih spesifiknya, nih, emang buat ibadah, atau mencapai tujuan yang lebih baik. Wokeh?!

2. Lalai

3. Menyia-nyiakan kesempatan waktu kecil

4. Beralasan banyak kesibukan

5. Terbiasa menunda-nunda

Yup, Eri ringkas semua alasan di atas dalam satu penjelasan, kecerobohan waktu! Kita sering mikir "alaaah, masih banyak waktu". Emang kita punya waktu berapa, ladies & gantleman??? Kita nggak akan pernah tau kapan sisa waktu kita di dunia ini.

Kalo niat udah lurus, jangan ditunda-tunda. Apalagi parahnya pas di ajak malah ngeles bilang, "Sibuk,". Kalo menurut Eri pribadi, seandainya benar, masih bisa dimaklumi. Tapi dimohon bukan berarti itu jadi alasan permanen nggak akan pernah belajar lagi. Apalagi kalo para pembaca sekalian masih muda.

Ok-lah bagi yang protes sama pernyataan nomor 3. Bagi yang nggak mau disebut anak keciiil, setidaknya, yang merasa muda, deh. Mohon diperhatiin. Dulu, Eri pernah denger, katanya, masa muda juga dijadikan pertanyaan ketika di akherat, loh. Hati-hati. Jangan terbiasa menunda-nunda.

6. Rasa putus asa dan Rendah diri

7. Tergesa-gesa dalam memetik buah Ilmu

8. Bosan dalam menuntut Ilmu

9. Menilai baik diri sendiri a.k.a cepet puas

Udah semangat '45 buat nuntut Ilmu? Eits, tunggu dulu, ndak boleh buru-buru, dong!

Lho, katanya ga' boleh ditunda??

Iya, emang nggak boleh nunda. Tapi bukan berarti kita buru-buru. Kita harus sabar,l dan tentu saja, rutin! Kadang, kemalasan dan bosa sering dateng. Salah satunya, karena kita buru-buru pengen cepet bisa. Padahal, semua perlu proses. Masa' tega, sih, maksa otak dan tenaga kita biar cepet-cepet berhasil? Ntar stress, loh?

Semua itu ada waktunya. (Lagi-lagi) menurut Eri, apa yang kita lakukan hanya untuk memberi jalan nasib kita ke depan. Masalah jago-nya, itu akan jadi proses yang panjaaaang. Jadi, kita harus rutin ketika belajar dan... nggak boleh sampe bosan, yah!

Biasanya, nih, penyakit pelajar ada 3: Kebodohan, Kemalasan, Kebosanan.

Bagi para pelajar-pelajar, harap diberantas ketiga penyakit kronis tersebut, wokeh,wokeh???

Selain itu, ndak boleh cepet puas juga! Ilmu itu luas, loh. Kata Rasulullah, kita nyari Ilmu tuh kaya' nyelupin jari di samudera, terus pas diangkat, ada setetes air yang terliat di jari. Nah, ilmu yang ada tuh ibaratnya seluas samudera. Dan Ilmu yang kita dapat masih dikiiiit banget kaya' tetesan air.

Makanya, walau ntar udah tua, tetep rajin nuntut Ilmu. Seperti kaya pepatah, "Mencari Ilmu sampai ke liang lahat".


10. Belajar pada bid'ah

Tragedi yang sering terjadi, niiih, belajar tanpa ada dasar yang kuat. Eh, istilah ini khusus untuk pelajaran agama, loh. Kalo diluar itu, bukan bid'ah namanya. Coz, berbeda dengan Ilmu lainnya. Agama itu pelajarannya selalu tetap dan nggak berubah-ubah. Sedangkan Ilmu lainnya pasti akan terus berkembang dan cenderung berubah-ubah.

So, saat belajar agama, ketelatenan itu penting! Setelah mempelajari suatu Ilmu, kalo merasa ragu atau berbeda, coba dikaji ulang. Bicara sama orang lain yang lebih Kamu kenal dan terpecaya. Atau cari hadis-hadis atau ayat yang kamu anggap valid, terpercaya belum diubah macem-macem.


Nah, Ilmu yang bisa Eri sampaikan baru segini. Bagi yang mau sharing, tanya-jawab bareng, ato pengen menambahkan biar artikel di atas makin sempurna, Eri persilahkan, kok.

Let's study!!!

0 komentar on "Penghalang Menuntut Ilmu"

Posting Komentar

 

Sweet Pea Copyright 2009 Sweet Cupcake Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez